You need to enable javaScript to run this app.

MTsN Samarinda Laksanakan Mabit Jelang Ujian Madrasah

Samarinda (Madrasah). Minggu (20/3), Guna meningkatkan motivasi belajar menjelang ujian madrasah dan meningkatkan nilai spiritual peserta didik kelas sembilan, MTs Negeri Samarinda melaksanakan kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) pada sabtu malam (19/03). Kegiatan dimulai sesaat sebelum salat magrib dipimpin langsung oleh Ustaz Muhammad Idris, M.Pd., selaku ketua pelaksana dengan lantunan salawat diikuti oleh seluruh peserta didik yang hadir dilanjutkan dengan salat magrib dan isya berjamaah.

Setelah salat isya berjamaah, kembali lantunan salawat berkumandang oleh seluruh jamaah yang terdiri dari dari peserta didik dan para guru pendampingsembari diiringi irama habsy, kegiatan secara resmi dibuka dengan sambutan kepala madrasah ibu Sapini, M.Pd. Dalam sambutannya ibu Sapini berharap semua peserta didik kelas IX MTs Negeri Samarinda dapat memperoleh hasil ujian dengan nilai maksimal karena menjadi nilai penentu kelulusan. Untuk membangkitkan semangat peserta didik beliau juga mengingatkan bahwa semua peserta didik yang telah berhasil hingga menghadapi tahap ujian madrasah ini merupakan siswa yang tangguh, usaha itu terbukti dari usaha semua siswa yang telah berhasil melewati tahap seleksi masuk MTs Negeri Samarinda dengan proses yang tidak mudah namun berhasil berkompetisi dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar yang tereliminasi.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan motivasi belajar oleh Ustadz Rudini, S.Sos selaku pemateri dengan konsep perbandingan dan analogi yang terdiri dari komunikasi, kerja sama, dan nikmati. Tidak ada proses yang mudah namun bila dikomunikasikan dengan tepat pasti akan ditemukan jalan keluar, ujar bapak Rudini. Komunikasi yang dimaksud bukan hanya konsep komunikasi secara horizontal atau sesama manusia, namun semua usaha perlu dikomunikasikan secara vertikan atau dapat dimaknai berdoa dengan usaha dan prasangka yang baik kepada Allah Swt.

Usai kegiatan penanaman motivasi belajar pada pukul 21.30 – 03.00 wita peserta Mabit dipersilahkan untuk beristirahat di ruang kelas yang telah ditentukan, setelah pukul 03.00 wita dini hari semua peserta Mabit kembali melanjutkan rangkaian kegiatan dengan salat sunah dan istigosah bersama dan dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah serta tausiah taklim subuh. Akhir dari kegiatan semua peserta Mabit berkemas dan melakukan bersih-bersih kelas agar ruangan yang digunakan kembali bersih seperti sedia kala.(ws/zm)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Sapini, S.Pd M.Pd

- Kepala Sekolah -

 .

Berlangganan
Banner